URAIAN TUGAS SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN
KASUBBAG UMUM DAN KEUANGAN
TUGAS UTAMA :
Bagian Umum dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, arsip, perlengkapan, rumah tangga, keamanan, keprotokolan, perpustakaan, hubungan masyarakat, pengelolaan keuangan, pemantauan, evaluasi, dokumentasi, serta penyusunan laporan.
TUGAS POKOK :
- Penelaah data / informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja ;
- Penelaahan data /Informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengelolaan keuangan Satker;
- Pelaksanaan Pengelola Keuangan ;
- Pelaksanaan Urusan Rumah Tangga,Perlengkapan,Perpustakaan,Humas dan Protocol ;
- Pengendali,evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sub bagian umum dan keuangan
STAFF UMUM DAN KEUANGAN
1. Operator-Penata Layanan Operasional
TUGAS POKOK :
- Mempersiapkan dan Melakukan Penginputan data transaksi Pengeluaran surat perintah Membayar ( SPM ) dan Surat Perintah Pencairan Dana ( SP2D ) ;
- Mempersiapkan dan melakukan penginputan data transaksi penerimaan Surat Setoran Bukan Pajak ( PNBP ) dan Surat Setoran Pengembaliaan Belanja (SSPB) ;
- Mempersiapkan dan Melakukan penginputan data transaksi aset lain-kas bendahara ,persedian ,piutang dan aset tetap ;
- Menyusun dan Mengirimkan Laporan Realisasi Anggaran ( LRA ) tingkst Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran ( UAKPA ) ;
- Menyusun dan Mengirimkan Neraca tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran ;
- Menyusun dan Mengirimkan catatan atas Laporan Keuangan ( CALK ) serta data dukung atas laporan keuangan ( CALK ) tingkat Unit Akuntansi kuasa pengguna Anggaran ( UAKPA ) ;
- Melakukan Rekonsiliasi dengan Pengelola SABMN di Satker Pengadilan Negara Banda Aceh ;
- Melakukan Rekonsiliasi dengan KPPN ;
- Melaksanakan tugas Administrasi Keuangan Lainnya;
2. Klerek-Pengadministrasi Perkantoran
- Menerima/ menyimpan/ membukukan/ PNBP yang diterima dari kasir Perdata, Kepaniteraan Hukum, Kepaniteraan PHI dan mempertanggung jawabnya seluruh uang yang diterima
- Menyetor PNBP yang diterima ke kantor Pos/Bank;
- Melaporkan Realisasi PNBP ke Biro Keuangan dan Tembusannya ke Pengadilan Tinggi Banda Aceh dan Mahkamah Syar’iah ;
- Mengarsipkan Dokumen PNBP ;
- Menyiapkan rincian perhitungan PNBP dan menginputnya ke dalam Aplikasi SIMARI ;
- Menerima PNBP yang disetor oleh Kasir Perdata, Kepaniteraan Hukum, Kepaniteraan PHI kemudian menginputnya ke dalam aplikasi SIMARI;
- Menginput Penerimaan Ke dalam Aplikasi SIMPONI ;
- Menyetor PNBP yang telah di input ke SIMPONI melalui Bank/ Kantor Pos;
- Menginput Penerimaan/Penyetoran PNBP yang telah mendapatkan NTPN dari Bank ke dalam aplikasi SAS dan SIMARI;
- Membukukan Penerimaan/Penyetoran PNBP ke dalam Buku Kas Umum dan Buku Kas Pembantu;
- Membuat Laporan Realisasi Bulanan,Triwulan;
- Membuat Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara Penerimaan Ke KPPN;
- Membuat Berita Acara Rekonsiliasi PNBP ( BAR );
- Mengarsipkan dokumen PNBP dengan cara memisahkan antara : PNBP Umum ( 01 ) dengan PNBP Fungsional ( 03 )
TUGAS TAMBAHAN
- Sekretaris Dharmayukti Karina Cabang Kota Banda Aceh ;
- Bendahara Simpan Pinjam Pegawai Pengadilan Negeri Banda Aceh ;
3. Klerek-Penelaah Teknis Kebijakan
- Mengajukan UP ke KPPN ;
- Membuat Laporan Pertanggungjawaban UP ke KPPN ;
- Melakukan Rekonsiliasi Laporan Bulanan ;
- Membuat Laporan LPJ Bendahara ;
- Membuat Buka Kas Umum ( BKU ),Kas Tunai,Buku Bank dan Buku Pembantu Lainnya serta untuk diparaf oleh Bendahara Pengeluaran ;
- Menyiapkan rencana penggunaan UP yang Akan diajukan ke KPPN;
- Melakukan penatausahaan pengelolaan keuangan untuk semua transaksi yang berkaitan dengan rekening bendahara baik pengeluaran UP maupun LS ;
- Menerima,menyetor dan melaporkan semua penerimaan Negara;
- Menyetor pajak dan membukukanya ;
- Mengantar SPM ke KPPN;
- Melaksanakan tugas – tugas lainya yang diatur berdasarkan peraturan perundang -undangan atau perintah atasan;
5. Pengelola Barang Milik Negara
- Memeriksa dokumen dan menginput data transaksi BMN
- Membuat Daftar Barang Ruangan
- Membuat Daftar Barang Lainnya
- Membuat Kartu Identitas Barang
- Membuat usul Penetapan Status Penggunaan BMN
- Melaksanakan penghapusan BMN
- Labelisasi BMN
- Melakukan Rekonsiliasi Internal antara SAIBA dan SIMAK-BMN
- Melakukan Rekonsiliasi antara SIMAK BMN Satker dengan Korwil tiap semester dan tahunan
- Menyusun Laporan Barang Milik Negara untuk periode semester dan tahunan
- Menyusun laporan pengawasan dan pengendalian (wasdal) BMN
- Melaksanakan tugas dalam pembangunan zona integritas
- Melaksanakan tugas dalam proses Akreditasi Penjaminan Mutu
4. Honorer
- Mengetik Surat – surat Sub Bagian Keuangan ;
- Membantu Tugas – tugas Bendahara Pengeluaran;
- Menyediakan kebutuhan pamplet,papan nama,papan struktur,dll
- Membantu Menerima Permintaan Perawatan AC,Komputer dan Barang Elektronik lainnya ;
- MembantuMengatur Penyediaan fasilitas ruang sidang dan ruang kerja ;
- Membantu mengontrol / mencatat dan memperbaiki kerusakan gedung dan bangunan ;
- Membantu melakukan perawatan Printer ;
5. Honorer
- Menerima,memeriksa dan mencatat surat keluar ;
- Mengantar/ mengirim surat-surat dinas ke kantor pos/ alamat tujuan ;
- Membantu operator digitalisasi surat masuk dan surat keluar;
- Membantu mengagendakan surat keluar;
- Membantu mengontrol/mencatat dan memperbaiki kerusakan gedung dan bangunan ;
- Membantu menerima permintaan perawatan AC,komputer dan barang elektronik lainnya;
- Membantu menunjuk pihak penyedia barang / jasa untuk perbaikan / perawatan ;
- Mengantur penyediaan fasilitas ruang sidang dan ruang kerja ;