Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Banda Aceh Kelas IA

Jalan Cut Meutia No. 23 Kota Banda Aceh - ACEH. Email : it.pnbandaaceh@gmail.com

e-pustaka

Electronics Justice System

Elektronik Surat Keterangan

Jaringan Dokumentasi dan Informasi dan Hukum

Putusan Mahkamah Agung

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Sistem Informasi Pengawasan

e-survey PN Banda Aceh

RAPAT RUTIN BULANAN TANGGAL 9 MEI 2014

RAPAT RUTIN BULANAN TANGGAL 9 MEI 2014

Banda Aceh, 9 Mei 2014

Rapat rutin bulanan pada tanggal 9 Mei 2014 dilaksanakan dengan agenda pelaporan kegiatan bulanan selama bulan April 2014 oleh masing-masing sub bagian dan kepaniteraan. Ketua Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Banda Aceh, H. YULMAN, S.H., M.H., membuka rapat tepat pada pukul 09.00 WIB didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Banda Aceh, Syamsul Qamar, S.H., M.H., dan Panitera/Sekretaris, Anwar, S.H., serta Wakil Sekretaris, Zulkarnain yang juga selaku Notulen rapat.

Gambar 1. Wakil Ketua, Ketua PN Banda Aceh, Panitera/Sekretaris (Kiri ke kanan)

Gambar 2. Wakil Sekretaris PN Banda Aceh (Notulen rapat)

Pada rapat ini semua kepala sub bagian dan Panitera Muda melaporkan kegiatan dan kendala/permasalahan yang terjadi pada bulan April 2014. Dan laporan itu langsung ditampilkan pada layar monitor sehingga semua peserta rapat dapat melihat dan memahami dengan jelas apa-apa yang dilaporkan. Pelaporan dimulai oleh Panitera Muda Pidana, Amiruddin, S.H. Pada kesempatan itu Panitera Muda Pidana melaporkan semua kegiatan pada bulan April dan juga melaporkan kendala-kendala yang dihadapi termasuk dengan kegiatan pelaporan perkara secara elektronik yaitu melalui aplikasi CTS (Case Tracking System).

Gambar 3. Panitera Muda Pidana, Amiruddin, S.H. sedang memaparkan laporan bulanan

Dilanjutkan dengan laporan dari Panitera Muda Perdata, Sanusi, S.H., yang melaporkan laporan manual dan CTS juga. Dalam laporannya ada beberapa penginputan CTS yang sangat dipengaruhi oleh pihak ketiga/luar, sehingga sedikit menghambat kegiatan rutin tersebut.

Gambar 4. Panitera Muda Perdata, Sanusi, S.H., sedang memaparkan laporan bulanan

Laporan berikutnya yaitu dari Kepala Sub Bagian Umum, Amirillah, S.H. yang melaporkan seluruh kegiatan yang menjadi tupoksi sub bagian umum. Dalam laporannya juga dilaporkan tentang perpustakaan yang dulunya sangat memprihatinkan data nya tetapi sekarang sudah diselesaikan penyusunan buku-buku secara fisik dan dimasukkan ke dalam database elektronik. Pengadilan Negeri Banda Aceh juga sudah memiliki perpustakaan elektronik yang mana setiap proses dan akses ke pustaka juga dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut.

Gambar. 5 Kepala Sub Bagian Umum, Amirillah, S.H., sedang memaparkan laporan bulanan

Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Ridwan, S.H., M. H., juga melaporkan kegiatan manual dan elektronik yang menjadi tupoksinya sub bag kepegawaian. Dalam laporannya terdapat beberapa kendala teknis dalam menginput data SIMPEG Online dikarenakan kurangnya tenaga yang mengerjakan tugas tersebut. Hal ini langsung menjadi perhatian Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh, dimana H. Yulman, S.H., M.H., mewajibkan seluruh pegawai, honorer/kontrak, wajib bisa mengoperasikan komputer agar nantinya tidak menghambat tugas-tugas yang telah dikerjakan dengan sistem elektronik. Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh juga memerintahkan Misbah, S.T., sebagai Pranata Komupter pada Pengadilan Negeri Banda Aceh untuk membuat pelatihan rutin bagi setiap pegawai atau honorer yang merasa belum mahir mengoperasikan komputer mengikutinya.

Gambar 6. Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Ridwan, S.H., M.H., sedang memaparkan laporan bulanan

Sub Bagian Keuanagan menajadi bagian yang terakhir melaporkan kegiatan bulanannya. Disampaikan oleh Plh. Kepala Sub Bagian Keuangan, Rima Melati. Dalam laporannya lebih membahas tentang kendala pembayaran uang jaminan kesehatan untuk hakim Ad.hoc sehingga Pengawas Bidang Keuangan, Eddy, S.H., memberikan masukan dengan aturan baru yang menjelaskan teknis pembayaran yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Agung RI.

Gambar 7. Plh. Kepala Sub Bagian Keuangan, Rima Melati, sedang memaparkan laporan bulanan

Gambar 7. Hakim Pengawas Bagian Keuangan, Eddy, S.H. menjelaskan aturan terbaru

Setelah semua Sub Bagian dan Kepaniteraan melaporkan data laporan baik laporan manual dan elektronik, maka Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh memberikan kesempatan kepada seluruh peserta rapat untuk ikut memberi saran dan tanggapan atas hasil laporan dan pembahasan yang diikuti dengan laporan pengawasan dari masing-masing pengawas bidang. Dalam hal ini H. Yulman, S.H, M.H. juga membahas kembali tentang beberapa butir-butir SOP mengenai penyelesaian perkara yang wajib dilaksanakan oleh masing-masing yang berkewajiban dalam hal tersebut. Sehingga terjadi pembahasan yang menarik dalam rapat tersebut.

Gambar 8. Salah seorang perwakilan Panitera Pengganti, Saiful Bahri, sedng menjelaskan kendala dan memberi saran-saran

Setelah semua Laporan dan kendala dibahas dan diambil kesimpulan Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh, mengingatkan kembali tentang kedisiplinan semua pihak untuk mematuhi SOP yang telah dibuat dan mengikuti semua kewajiban yang telah tercantum dalam aturan yang ada. Dalam beberapa hal yang perlu penanganan langsung, maka H. Yulman, S.H., M.H. mengingatkan pihak yang berwenang untuk responsif dan segera menyelesaikan kendala-kendala yang ada demi kelancaran tugas dan fungsi Pengadilan Negeri Banda Aceh.

Rapat ditutup pada pukul 12.00 WIB, yang sebelumnya Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh, mengingatkan kembali fungsi rapat bulanan ini bukan untuk saling menjatuhkan atau saling tidak menghargai tetapi untuk saling memberi masukan demi perbaikan kedepannya. Sehingga jika ada kesilapan dan kesalahan dalam kata-kata, bahasa tubuh dan lainnya, sewajarnyalah semua peserta rapat saling memaafkan demi menjaga silaturrahmi yang telah terjalin dengan baik.

(RED- TIM IT)







Skip to content
This Website is committed to ensuring digital accessibility for people with disabilitiesWe are continually improving the user experience for everyone, and applying the relevant accessibility standards.
Conformance status