Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Banda Aceh Kelas IA

Jalan Cut Meutia No. 23 Kota Banda Aceh - ACEH. Email : it.pnbandaaceh@gmail.com

e-pustaka

Electronics Justice System

Elektronik Surat Keterangan

Jaringan Dokumentasi dan Informasi dan Hukum

Putusan Mahkamah Agung

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Sistem Informasi Pengawasan

e-survey PN Banda Aceh

PENGADILAN TINGGI BANDA ACEH LAKSANAKAN BIMBINGAN TEKNIS KEHUMASAN DAN KEPROTOKOLAN SE WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI BANDA ACEH

PENGADILAN TINGGI BANDA ACEH LAKSANAKAN BIMBINGAN TEKNIS KEHUMASAN DAN KEPROTOKOLAN SE WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI BANDA ACEH

Banda Aceh, 9 Juni 2022

Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Dr. H. Gusrizal, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi mengatakan pentingnya peran humas dan protokoler dalam hal manajemen media dan keterbukaan informasi publik.

Gambar 1. Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh Membuka Acara Bimbingan Teknis

Peserta Bimtek berasal dari 22 Pengadilan Negeri dibawah wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Acara yang berlangsung di gedung Pengadilan Tinggi Banda Aceh tersebut juga diisi oleh narasumber yang berkompeten di bidang nya. Hal ini tentunya sangat membantu meningkatkan kemampuan kehumasan bagi humas di Pengadilan Negeri termasuk Pengadilan Negeri Banda Aceh salah satunya.

Sesi pertama diawali dengan oleh Dr. Taqwaddin, S.H.,M.H, dalam materinya menjelaskan tentang overview terkait layanan yang harus dipublikasikan di Pengadilan. Dan bagaimana seharusnya berita terkait Pengadilan disajikan dengan menarik agar sampai ke publik juga dengan baik.

Gambar 2. Dr. Taqwaddin, S.H., M.H. sedang menyampaikan materi

dilanjutkan dengan materi Teknik Foto Berita dengan pemateri Ilyas Isti (Koordinator PVL pada Ombudsman RI Aceh), berbagai teknik agar foto digambarkan dapat berbicara dan menjelaskan lebih banyak ke publik. Hal ini tentunya sangat menarik bagi para analis humas dan pranata komputer di Pengadilan Negeri Banda Aceh yang diikuti oleh Dessy Diana, S.H. dan Misbah, S.T., M.Eng. Ini tentunya akan memberi dampak besar bagi kompetensi humas di Pengadilan Negeri Banda Aceh.

Gambar 3. Ilyas Isti sedang menjawab pertanyaan dalam sesi sharing

Teknik Penulisan Rilis Berita dengan Pemateri Yarmen Dinamika (wartawan senior Serambi Indonesia), materinya mampu membius para peserta dikarenakan disajikan dengan menarik dan disampaikan secara sangat baik. Teknik rilis berita ala media cetak ini sangat diperlukan oleh humas Pengadilan karena humas bersinggungan langsung dengan wartawan dan media.

 

Gambar 4. Yarmen Dinamika sedang menjelaskan materi rilis berita

Public Speaking and Master Ceremony oleh Cut Intan Arifa (cerrymonial Community) dan Kehumasan dan Protokoler oleh Idayani ( Radio Serambi FM).

Gambar 5. Cut Intan Arifa sedang menjelaskan materi public speaking

 

Sampai berita ini dirilis, acara ini masing berlangsung.

(red- humas pn bna)