Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Banda Aceh

Jalan Cut Meutia No. 23 Kota Banda Aceh - ACEH. Email : it.pnbandaaceh@gmail.com

e-COURT

Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Pengadilan Negeri Banda Aceh Kelas 1A Resmi Luncurkan Aplikasi e-Court

WhatsApp Image 2018-11-21 at 16.40.32

Banda Aceh – Kamis, 15 November 2018 Pengadilan Negeri Banda Aceh Kelas 1A telah siap melaksanakan e-court, hal ini ditunjukkan dengan adanya pendaftar pertama yang mendaftarkan perkaranya melalui aplikasi e-court. Irvan Asmadi, S.H. merupakan salah seorang Advokat Peradi yang mendaftarkan gugatannya untuk pertama kali pada aplikasi e-court di Pengadilan Negeri Banda Aceh Kelas 1A dengan nomor registrasi online PN BNA-112018G2N.

 DSCF7566

Pendaftaran perkara melalui aplikasi e-Court oleh seorang Advokat dengan dibantu oleh petugas

Aplikasi e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (Replik, Duplik, Kesimpulan, Jawaban) dan pemanggilan secara online. Pendaftaran perkara online dalam aplikasi e-court untuk saat ini baru dibuka jenis pendaftaran untuk perkara gugatan. Beberapa keuntungan pendaftaran perkara secara online melalui aplikasi e-court yang bisa diperoleh disamping menghemat waktu dan biaya dalam proses pendaftaran perkara, diantaranya adalah pembayaran biaya panjar yang dapat dilakukan dalam saluran multi chanel atau dari berbagai metode pembayaran dan bank, dokumen dapat terarsip secara baik dan dapat diakses dari berbagai lokasi dan media, serta proses temu kembali data yang lebih cepat.

Dalam pendaftaran perkara, pengguna terdaftar akan langsung mendapatkan SKUM yang degenerate secara elektronik oleh aplikasi e-Court. Dalam proses generate tersebut sudah akan dihitung berdasarkan komponen biaya apa saja yang telah ditetapkan dan dikonfigurasi oleh pengadilan, dan besaran biaya radius yang telah ditetapkan oleh Ketua Pengadilan sehingga perhitungan taksiran biaya panjar sudah diperhitungkan sedemikian rupa dan menghasilkan elektronik SKUM atau e-SKUM.

WhatsApp Image 2018-11-21 at 11.47.25

Perkara pada Pengadilan Negeri Banda Aceh Kelas 1A yang telah berhasil didaftarkan

Aplikasi e-court juga mendukung dalam hal pengiriman dokumen persidangan seperti Replik, Duplik, Kesimpulan dan atau Jawaban secara elektronik yang dapat diakses oleh pengadilan dan para pihak. Sesuai dengan Perma No. 3 Tahun 2018 bahwa pemanggilan yang pendaftarannya dilakukan dengan menggunakan e-Court, maka pemanggilan kepada pengguna terdaftar dilakukan secara elektronik yang dikirimkan ke alamat domisili elektronik pengguna terdaftar. Akan tetapi untuk pemanggilan pertama pihak tergugat dilakukan dengan manual dan pada saat tergugat hadir pada persidangan yang pertama akan diminta persetujuan apakah setuju dipanggil secara elektronik atau tidak, jika setuju maka pihak tergugat akan dipanggil secara elektronik sesuai dengan domisili elektronik yang diberikan dan apabila tergugat tidak setuju maka pemanggilan akan dilakukan secara manual seperti biasa.

Screenshot_1Status e-Court Pengadilan Negeri Banda Aceh Kelas 1A pada Peta e-Court Mahkamah Agung RI

Sebelum melakukan pendaftaran syarat wajib yang harus dilakukan adalah harus memiliki akun pada aplikasi e-court dengan membuka website e-court Mahkamah Agung di https://ecourt.mahkamahagung.go.id dan menekan tombol Register Pengguna Terdaftar.(red-tim-it)







  • Pengumuman MARI

  • tidak dapat menampilkan berita ...