Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Banda Aceh

Jalan Cut Meutia No. 23 Kota Banda Aceh - ACEH. Email : it.pnbandaaceh@gmail.com

Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Sosialisasi Aplikasi e-Court Pada Pengadilan Percontohan Tahun 2018

Bekasi – 3 Agustus 2018

Demi terwujudnya transparansi dan kemudahan akses berperkara pada Pengadilan, maka Mahkamah Agung RI telah dan sedang melakukan langkah-lahkah yang diperlukan demi terwujudnya implementasi Pengadilan Elektronik (e-court). Diantara langkah-langkah yang ditempuh oleh Mahkamah Agung RI untuk terwujudnya e-court tersebut antara lain menjalin kerjasama dengan bank-bank mitra untuk pembayaran biaya perkara secara elektronik (e-payment), mengajukan penganggaran dana untuk pengadaan server di seluruh pengadilan tingkat pertama, banding dan di Mahkamah Agung RI, melakukan persiapan kedalam secara intensif untuk memantapkan implementasi e-court.

Sebagaimana diketahui, pembayaran biaya untuk perkara yang diajukan secara elektronik juga dilakukan secara elektronik baik dengan menggunakan internet banking, sms banking atau langsung dibayarkan melalui teller bank dimana saja. “Langkah-langkah yang dilakukan ini merupakan bukti komitmen Mahkamah Agung untuk mewujudkan e-court sebagai bentuk pengadilan modern yang menerapkan asas cepat, sederhana dan berbiaya ringan”, ujar Pudjoharsoyo.

Dalam hal pengadaan server, Sekretaris Mahkamah Agung RI menjelaskan akan memproses penganggaran sesegera mungkin demi mendukung e-court berjalan di seluruh Pengadilan sesegera mungkin. Selain tentang server, Sekretaris Mahkamah Agung RI juga menjelaskan akan memprioritaskan anggaran untung pengadaan kapasitas akses internet (bandwith) di seluruh Pengadilan dengan kapasitas target minimalnya adalah 25-50 MBps setiap Pengadilan.

Sosialisasi ini adalah langkah persiapan untuk internal di lingkungan Mahkamah Agung RI. Implementasi e-court ini dilaksanakan di internal dengan langkah-langkah diantaranya finalisasi aplikasi e-court, pengembangan pedoman teknis, kebijakan dan standardisasi, dan penetapan pengadilan percontohan. Selain itu, Mahkamah Agung RI tengah mempersiapkan langkah-langkah yang berkaitan dengan penyesuaian proses beracara yang sesuai dengan karakteristik e-court, seperti berita acara sidang, perubahan kuasa hukum dan lain sebagainya.

WhatsApp Image 2018-08-07 at 10.54.41

Gambar 1: Sekretaris MA RI dan Ketua Muda Perdata MA RI

WhatsApp Image 2018-08-07 at 10.54.32

Gambar 2: Peserta sosialisasi sedang mendengarkan arahan dari Sekretaris MA RI

WhatsApp Image 2018-08-07 at 10.54.41 (1)

Gambar 3: Foto bersama para Ketua Pengadilan Negeri (Pengadilan Percontohan Sosialisasi e-Court)

WhatsApp Image 2018-08-07 at 13.15.46

Gambar 4: Foto bersama para petugas IT Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi

(red- Tim IT)







  • Pengumuman MARI

  • tidak dapat menampilkan berita ...
  • Pengumuman Badilum

  • tidak dapat menampilkan berita ...